Saturday, March 8, 2014

BELAJAR FUNGSI “IF OR” MICROSOFT OFFICE EXCEL


FUNGSI “IF OR” DALAM LEMBAR KERJA EXCEL
Sesuai judulnya, kali ini postingan saya akan membahas tentang fungsi IF OR dan cara penggunaanya dalam suatu kasus data.
IF OR atau dalam penulisan rumusnya =IF(OR( adalah rumus untuk membuat suatu akibat dengan dua kriteria yang apabila salah satu atau dua kriteria tersebut terpenuhi maka akan tercapai akibat.
hehe..sory sob…penjabaran di atas agak memusingkan,saya aja pusing neranginya…hahhhh…
daripada pusing nerangin dengan kata kata mendingan kita langsung praktek saja biar lebih faham..
Oke, pertama buatlah data seperti di bawah ini pada microsoft excel
FUNGSI IF OR
Nah,untuk mengisi kolom “DISKON” kita coba dengan menggunakan rumus IF OR dengan ketentuan sbb: jika nama barang “sepatu” atau harga di atas /sama dengan Rp 100000 maka diskon 10%
caranya, pada cel D2 ketikkan rumus di bawah ini:
=IF(OR(B2="SEPATU",C2>=100000),C2*10%,0)
Logika rumus ini adalah:
=IF(OR(jika isi cell B2 adalah sepatu atau isi cell C2 adalah lebih besar atau samadengan 100000 [maka isi cell D2] adalah C2 di kali 10% jika kriteria tersebut tidak ada maka 0)
Kemudian copy pastekan rumus tersebut ke bawah dengan cara letakkan kursor pada cell D2 kemudian tekan ctrl+c, kemudian blok cell D3 sampai D8 dan tekan ctrl+v. maka hasilnya akan seperti di bawah ini:
FUNGSI IF OR 1
Oke,untuk tambahan buatlah satu kolom lagi dengan judul TOTAL HARGA dan cara isinya sangat mudah yakni dengan rumus counting sederhana caranya: pada cell E2 ketiklah rumus;
=C2-D2, kemudian copy paste ke bawah
maka hasinya akan seperti di bawah ini:
FUNGSI IF OR 2
Oke sob..kita cukupkan sampai di sini dulu ya…
untuk materi excel lainya klik di sini
untuk info menarik lainya klik di sini

No comments:

Post a Comment

Komentar membangun sangat kami hargai